Selasa, 26 Oktober 2010

analisa persaingan mini market

Disini saya akan membahas tentang analisa persaingan,dari salah
satu mini market yang saya ambil yaitu :” A Mar”t dibandingkan dengan “I Maret”


Kalau ditanya dari segi kualitas,kedua mini market tersebut menjual barang yang sama dengan
merk yang terkenal pula,tapi kadang-kadang ditemukan produk barang asing di beberapa toko A
Mart yang menjadi objek saya.


Dari segi Investasi atau keuntungan,yang saya pantau disini A Mart juga menjual beberapa
produk,mulai dari produk kesehatan, makanan, toilettris, dan perlengkapan lainnya dengan label
A Mart. Di mana ini akan menambah keuntungan mini market tersebut apabila ada pelanggan
yang membeli produk tersebut.


Dari segi harga, bisa dikatakan tidak banyak perbedaan harga dari mini market A Mart dan I
Maret ini. Apabila terdapat harga yang cukup tinggi di A Mart, berbanding sebaliknya dengan
harga yang ada di I Maret. Tetapi hal itu juga berlaku apabila harga di I Maret lebih tinggi
daripada harga di A Mart, tetapi di A Maret harga lebih terjangkau.


Dari segi lokasi dan keberadaan, kedua mini market ini mengambil cara untuk menarik perhatian
pembeli dengan cara : lokasi yang tidak jauh dari pemukiman warga, kurang lebih jarak 100 m
akan ditemukan mini market tersebut, mini market ini juga membidik pembeli dari golongan
ekonomi ke bawah, sedang, dan atas. Jadi dapat dikatakan semua kalangan dapat berbelanja
disini.


Dari segi pemasaran,A Mart lebih unggul.hal ini dikatakan karena (saya mengambil objek
penelitian saya ialah A Mart) A Mart sering mengeluarkan catalog/atau selebaran/ atau brosur
daftar harga pembelain, baik harga normal barang-barang maupun harga yang sudah didiskon. Di
A Mart juga akan dicantumkan diskon-diskon yang akan kita dapatkan apabila menjadi anggota
A Mart, bisa berupa diskon sebuah produk atau potongan harga saat kita berkunjung ke suatu
tempat, dimana tempat itu menjalin kerja sama dengan A Mart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar